Pemanasan (Warming Up) itu, Penting

Olahraga insya Allah akan memberikan manfaat yang besar bagi tubuh kita. Manfaat itu akan lebih terasa ketika kita melakukannya sesuai aturan. Apabila tidak demikian, alih-alih ingin mendapatkan manfaat, kemungkinan malah akan menyebabkan cedera atau semisalnya. Salah satu hal yang perlu kita perhatikan sebelum berolahraga adalah melakukan pemanasan atau warming up. Sebagaimana mesin motor/mobil agar lebih awet maka memerlukan pemanasan setiap akan digunakan, seperti itu pula tubuh kita yang merupakan mesin alami karunia Allah Subhanahu wata’ala juga memerlukan pemanasan guna mengkondisikan tubuh sebelum melakukan olahraga inti, selain manfaat yang lain.


Manfaat pemanasan sebelum Olahraga

Tujuan pemanasan adalah untuk menyiapkan otot dan sendi tubuh sebelum aktivitas olahraga yang sesungguhnya, dengan cara menaikkan suhu tubuh kurang lebih satu derajat celcius. Kenaikan suhu tubuh yang diikuti dengan meningkatnya denyut jantung menyebabkan aliran darah ke seluruh tubuh menjadi lebih cepat sehingga pasokan oksigen ke dalam otot menjadi lebih banyak. Akibatnya, seseorang akan mampu menggerakkan anggota tubuhnya dengan cepat, kuat, sudut gerak yang luas, dan rasa nyaman. Selain itu, pemanasan dapat meminimalkan risiko cedera olahraga. Secara psikologis, pemanasan bermanfaat pada kepercayaan diri dan rasa nyaman. Akibat yang sering terjadi jika tidak melakukan pemanasan yaitu otot dan sendi tubuh terasa kaku, kram otot dan rasa pegal. Beberapa manfaat lain yaitu

  1. Menaikkan tingkat energi yang dikeluarkan oleh metabolisme tubuh.
  2. Meningkatkan pertukaran (pengikatan) oksigen dalam hemoglobin.
  3. Meningkatkan kecepatan perjalanan sinyal saraf yang memerintah gerakan tubuh.
  4. Memudahkan otot-otot berkontraksi dan rileks secara lebih cepat dan efisien.
  5. Meningkatkan kapasitas kerja fisik.
  6. Mengurangi adanya ketegangan pada otot.
  7. Meningkatkan kemampuan jaringan penghubung dalam gerakan memanjang atau meregang.
  8. Terjadi peningkatan kondisi tubuh atlet secara psikologis.

Intensitas dan lamanya waktu dalam melakukan pemanasan sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan fisik dan kondisi kita. Pada intinya, pemanasan tersebut harus dilakukan cukup intensif untuk meningkatkan suhu tubuh sehingga menyebabkan berkeringat, akan tetapi jangan melakukan pemanasan terlalu berlebihan sehingga menyebabkan keletihan. Pada cuaca yang dingin latihan pemanasan tersebut dapat dilakukan secara lebih intensif lagi.

Hal penting dalam Pemanasan

  1. Lakukan gerakan ringan selama 1-5 menit sampai Anda merasa cukup panas dan sedikit berkeringat (sesuai dengan kondisi masing-masing).
  2. Anda bisa melakukan jalan santai atau joging. Ini menjadi cara yang baik untuk memanaskan otot dan mempersiapkan tubuh untuk berolahraga. Jenis olahraga aerobic dianjurkan karena memacu kerja jantung secara bertahap. Pengertiannya, olahraga jenis ini memacu jantung untuk mengambil oksigen sebanyak-banyaknya guna memenuhi kebutuhan oksigen ke seluruh tubuh
  3. Pastikan pula Anda melakukan peregangan sebagai bagian dari pemanasan setelah melakukan pemanasan, terutama bila Anda berolahraga intensif atau dengan kecepatan tinggi. (Ingat!: lakukan peregangan/stretching setelah kondisi tubuh Anda terasa cukup panas karena berdasarkan penelitian ditemukan bahwa peregangan saat otot masih dingin justru akan menurunkan kekuatan dan ketahanan otot saat latihan, lihat di sini)
  4. Jangan lupa lakukan pendinginan usai berolahraga dengan peregangan lagi. Juga lakukan aktivitas ringan seperti berjalan. Untuk “membimbing” otot-otot dan organ tubuh kita kembali normal.
  5. Jangan lupa siapkan fisik dengan tidur cukup. Tidur hanya dua jam lalu ikut olahraga permainan. bisa membahayakan keselamatan diri. Serta berusaha hilangkan kebiasaan buruk, seperti: merokok dan minum-minuman keras.

Penutup

Singkatnya, bahwa olahraga penting bagi kita untuk menempuh sebab menjaga kesehatan sehingga perlu pula diperhatikan hal-hal yang berkenaan dengan hal tersebut, seperti pemanasan, saat melakukan olahraga dan pendinginan. Pengetahuan yang cukup tentang hal ini, sangat bermanfaat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan menjadikan manfaat olahraga kita menjadi optimal, insya allah. Kenali diri kita sendiri dan pilih olahraga yang tepat. Tips terakhir : aktivitas olahraga yang ringan dan menyehatkan serta bisa dilakukan hampir semua orang adalah jalan cepat 30 menit beberapa kali seminggu. Semoga yang sedikit ini bermanfaat.

Terinspirasi ketika mulai semangat kembali berolahraga (bersama teman-teman), mengalami kelelahan berlebih (hampir muntah-muntah) dan tanpa pemanasan sebelumnya. Postingan ini juga sebagai pengingat bagi saya. Semoga tidak diulangi lagi. (^_^)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s